Hobay (baca: hobi)

Entah kalau orang lain, ya. Gue sih ngerasa hobi gue tuh berubah-ubah seiring berjalannya waktu.

Dulu waktu sekolah gue hobi ngumpulin permen karet. Ga dimakan, sih. Seneng aja gitu punya macem2 permen karet. Terus pernah juga tuh hobi males sekolah. Dalam seminggu paling masuk kelas 2x aja. Hahaha.. Kalo ini sih emang males dan gue orang yang selalu yakin kalo untuk jadi sukses dalam hidup ga perlu sekolah. Cukup bisa baca sama tulis aja. Kecuali kalo emang lo pingin kerja kantoran atau jadi pegawai, sekolah lah setinggi2nya. Which is, kalo gue ogah kerja gituan.. 😁😁

Salah satu hal yang bikin kuliah gue ga slese juga karena gue males aja belajar. Padahal lulus SMA udah diniatin kuliah bener2 biar emak seneng anaknya nurut. Tapi tetep ga bisa. Judulnya sih kuliah di Jogja, tapi yang ada gue malah asyik traveling. Mumpung belum nikah, jadi puas2in deh jalan2.

Sampai udah nikah gue tetep hobi ke sana-sini. Cuma bedanya, gue beneran tau apa arti hobi itu setelah nikah. Hobi itu buat gue sama kayak passion. Hal yang lo lakuin berulang2, tapi lo ga akan pernah bosen. Kalo jenuh sih wajar, tapi begitu lo berhenti lakuin, lo kangen. Dan lo lakuin lagi meskipun ngedumel tapi lo seneng. 

Sejak menikah dan punya anak, hobi gue tuh tinggal di rumah ngurusin semua urusan domestik rumah tangga. Entah, gue tiap bangun pagi seneng aja gitu, banyak hal yang akan gue lakuin; nyiapin sarapan-pastiin baju seragam anak udah komplit-antar sekolah-antar ART belanja keperluan dapur-masak-jemput sekolah-anter les-jemput lagi-anter les renang-nungguin renang. Gue nikmatin semuanya. Ini sih emang jobdesc sebagai emak. Tapi gue anggep ini hobi.

Selain itu hobi gue lainnya adalah baking. Berawal dari gue yang terbiasa makan enak dan tinggal di kota besar, balik lagi ke Gresik karena tuntutan orang tua itu semacam disaster. Hahaha.. Ya bayangin aja, kota kecil tanpa hiburan, minim tempat nongkrong –pada saat itu– what do you expect. 

Mulai lah gue nyoba2 berkreasi beli bahan kue, dan membuat kerusakan di dapur. Dulu sih waktu kecil nenek sering bikin kue untuk dinikmati cucu2nya, jadi lumayan punya basic meskipun ilmunya cetek. Percobaan pertama sampe percobaan kesekian sukses gagal.. Hahahaha.. Tapi gue tipikal orang yang pantang menyerah. Kalo belum jadi sesuai yang gue pingin, jangan harap gue akan berhenti.

Alhamdulillah setelah sekian kali trial and error gue akhirnya bisa juga memaksimalkan peralatan dapur selain wajan dan sutil. Untungnya lagi gue dan suami punya hobi makan. Pada saat itu kita sering nongkrong atau makan di kafe, trus nyobain menu, gue dan suami mengira2 bahannya apa aja, trus gue catet. Sampe rumah dicoba, deh. Sampai sekarang pun kami masih sering ngelakuin ini.

Dan karena gue gigih, hobi ini jadi salah satu sumber penghasilan gue kurang lebih masuk tahun ke-5. Ga pernah sekalipun gue bosen jalaninnya. Suami gue yang awalnya apatis sama pilihan gue untuk ngejadiin hobi bikin kue jadi hal yang komersil, sekarang berbalik arah jadi ngedukung 100%. Cuma bedanya, gue ga pernah ngerasa capek. Kalo suami males2an bantuin gue anter pesenan, ato sekadar bantu baking (akhirnya dengan tulus suami gue jago produksi beberapa produk andalan kami karena kasian juga kali liat istrinya selalu kelabakan bikin2 semua sendiri) rasanya sih wajar, namanya juga bantuin hasil kecemplung, kan.

Beginilah, di saat semua pesenan ato kewajiban di bisnis gue udah terselesaikan, gue masih cari cara gimana biar gue tetep bisa utak-atik bahan yang udah tersedia di rumah.

Seperti kali ini, anak gue les renang tiap hari Rabu-Kamis. Supaya ga kelaperan dan ga perlu jajan aneh2, gue pasti bikinin bekal. Ga perlu repot, yang sederhana, udah pasti enak, dan ngenyangin. Jadilah Banana Muffin, yang siap dihabiskan sehabis renang nanti. 

Yang pasti, buat gue berkutat di dapur itu nyenengin. ‘Me time’ yang bisa bikin gue berasa santai, rileks, dan ampuh banget sebagai terapi ngilangin capek setelah panas2an jemput anak pergi atau pulang sekolah.

Kalau kamu, hobinya apa? 😊😊😊

Author: titutismailblog

A wife. Full time mama for two marvelous kiddos; Adila Ashqa Azzahiyah and Adlan Alvito Semesta. Left handed. Rebeligious. Dessert!

7 thoughts on “Hobay (baca: hobi)”

  1. Widiih, kepikiran banget ya, pisang dibikin muffin. Hehehe blm pernah tau, gak pernah kepikiran (tp skrg jd pengin, pasti enak).
    Baking itu butuh patient.
    Aku menyerah. Hhahaha..

    Like

Leave a comment